Selamat Datang di MIN MLATEN

KEPALA MIN MLATEN DEMAK MERAIH PENGHARGAAN JUARA 1 PADA KOMPETISI KEPALA MI BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

Dalam menyelenggarakan pendidikan di madrasah, peran kepala madrasah sangat penting dan strategis. Tugas dan tanggung jawab mereka sebagai kepala madrasah sangat menentukan, dan oleh karena itu diperlukan adanya pembinaan yang efektif dan berkelanjutan. Selain itu, bagi mereka yang memiliki komitmen tinggi, kinerja yang bagus dan prestasi yang tinggi, selayaknyalah memperoleh pengakuan dam apresiasi dari semua pihak terkait, khususnya Kementerian Agama selaku instansi pembina dan pengguna. Hal ini penting agar semangat kerja, kreativitas, dedikasi dan komitmen serta kinerja mereka dapat terus terpelihara dan meningkat dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, melalui ajang Kompetisi Guru, Kepala, dan Pengawas Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2015, akan dipilih guru-guru, kepala dan pengawas madrasah yang telah menunjukkan kinerja dan dedikasi yang tinggi terhadap tugas mulia mencerdaskan anak bangsa yang dilandasi oleh iman dan taqwa.

Kompetisi kepala madrasah tingkat nasional merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Agama kepada mereka yang memiliki kompetensi, kinerja dan prestasi tinggi, khususnya dalam bidang pengembangan potensi madrasah yang relevan dengan tugas sebagai kepala pada madrasah. Kompetisi ini diikuti oleh kepala madrasah terbaik di setiap jenjang (RA/BA, MI, MTs dan MA) yang menjadi delegasi dari 34 propinsi di Indonesia. Mereka yang dikirim adalah mereka yang lolos seleksi di Kanwil Kemenag propinsi masing-masing. Setiap propinsi mengirimkan empat guru madrasah, empat kepala, mewakili jenjang masing-masing dan satu orang pengawas.

Untuk maju ke tingkat nasional, maka peserta harus mengikuti seleksi di tingkat propinsi. Materi seleksi didasarkan pada penilaian terhadap dokumen portofolio yang diserahkan oleh masing-masing peserta, karya tulis ilmiah berbentuk laporan atau project report, wawancara, presentasi dan kemampuan berbahasa Arab/Inggris. Melalui seleksi yang ketat terhadap 35 kepala MI yang mewakili masing-masing kota dan kabupaten, yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Jawa Tengah di Kusma Hotel Bandungan dari tanggal 1 – 4 September 2015, terpilih Badriduja, M.Ag dari MIN Mlaten Demak untuk ikut ajang kompetisi tingkat nasional jenjang kepala Madrasah Ibtidaiyah.

Untuk lolos di tingkat nasional, peserta harus melalui tiga tahap, tahap pertama merupakan penilaian terhadap dokumen portofolio dan karya tulis, tahap kedua merupakan tahapan verifikasi dan klarifikasi, dan tahap ketiga merupakan grand final yang terdiri dari penilaian terhadap presentasi karya tulis dan wawancara terhadap 45 (empat puluh lima) peserta terbaik hasil penilaian tahap pertama dan kedua. Sebelum maju ke tingkat nasional, masing-masing peserta mendapatkan pembekalan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah dengan narasumber dari UNWAHAS, UIN Walisongo Semarang dan Juara 1 Pengawas Berprestasi Tahun 2014. Materi pembekalan difokuskan pada teknik presentasi dan wawancara. Dengan dilepas dan dibekali doa oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Drs. H. Jamun, M.Pd.I, berangkatlah tujuh peserta kompetisi sebagai duta Jawa Tengah yang masuk tahap Grand Final, yaitu terdiri dari seorang Kepala dan Guru RA, Kepala dan Guru MI, Guru MTs, Kepala MA dan seorang Pengawas. Namun sayang, tahun ini untuk Kepala MTs dan guru MA dari Jawa Tengah tidak lolos pada tahap ketiga ini. Misi utama yang disandang oleh duta Jawa Tengah adalah menempatkan Jawa Tengah sebagai juara umum dalam kompetisi ini.

Tahap grand final dilaksanakan tanggal 15 – 17 Oktober 2015 di hotel Salak The Haritage Bogor Jawa Barat. Acara di buka oleh Kasubdit Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag RI, Drs. H. Kidup Supriyanto dan langsung dilanjutkan dengan seleksi peserta pada malam harinya. “Peserta dari propinsi lain memiliki kemampuan dan kompetensi yang sangat memadai, namun berbekal pengalaman dan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing peserta dari Jawa Tengah, delegasi Jawa Tengah siap untuk membawa nama Jatim ke tingkat nasional” ujar optimis Badriduja, M.Ag, bapak dari tiga anak ini. Saingan terberat dari Jawa Tengah adalah dari propinsi Jawa Timur dan DI Yogyakarta.

Berbekal kemampuan, dukungan dan doa dari semua pihak, perjuangan inipun berbuah manis. Badriduja, M.Ag Kepala MIN Mlaten, ditetapkan sebagai Juara I Kompetisi Kepala Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2015 untuk jenjang MI mengalahkan nominator dari Jawa Timur, DI Yogyakarta, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Dari tujuh duta Jawa Tengah, dua orang guru (RA dan MI), dua orang kepala (MI dan MA) dan pengawas madrasah berhasil meraih juara I. Kepala RA meraih juara harapan 1 dan guru MTs meraih juara II. Dengan demikian, mereka mampu menempatkan posisi Jawa Tengah sebagai juara umum dalam ajang kompetisi ini.

Saat ditanya bagaimanakah kiat khusus untuk bisa lolos dalam kompetisi ini, kepala MI ini mengatakan, “Saya tidak pernah berpikir dan menarget diri untuk menjadi kepala berprestasi. Kepala MI berprestasi itu, predikat yang diberikan oleh pihak lain pantang bagi saya untuk mengaku sebagai kepala berprestasi yang mempunyai kompetensi tinggi. Saya hanya melaksanakan tugas profesi dan pengembangan diri sesuai dengan amanah yang diberikan, berupaya semampu saya agar amanah mengelola MI dapat saya laksanakan dengan maksimal. itu saja”.

Apa motivasi pria kelahiran kota tahu ini mengikuti ajang kompetisi bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI ini? “Ada niatan tersendiri saat mengikuti kompetisi ini, niatan saya yang utama bukan predikat atau hadiah yang diberikan, tetapi untuk memberikan motivasi kepada teman-teman civitas akademika MIN Mlaten, dan anak didik saya di MIN Mlaten bahwa orang tua sekaligus kepala merekapun melaksanakan tugas profesinya dengan sungguh-sungguh. Siapa yang sungguh-sungguh dalam berusaha, maka dia yang akan berhasil. Tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau bersungguh-sungguh”.
Share this post :

Posting Komentar

Statistik Blog

PAPAN PENGUMUMAN

MIN MLATEN SEKOLAH ADIWIYATA
 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. min05demak - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger